FTMD ITB Menuju Akreditasi ASIIN

Program studi Aerospace Eng. FTMD ITB memiliki konvensi bahwa hari jumat tidak ada perkuliahan. Jadwal kuliah disusun sedemikian sehingga perkuliahan dapat ditumpuk pada hari senin sampai kamis. Hari jumat didedikasikan untuk kegiatan di luar kuliah namun masih aktivitas yang berhubungan dengan kampus. Namun hari jumat kemarin saya dan beberapa teman ke kampus atas undangan dari fakultas. Alhamdulillah kami berkesempatan menjadi student representatives FTMD dalam visitasi akreditasi internasional ASIIN.

FTMD alias FMAE (Faculty of Mechanical and Aerospace Engineering) sedang mengusahakan akreditasi bagi 3 prodi sarjana yang ada di dalamnya yaitu S1 Teknik Mesin, S1 Aeronotika & Astronotika, dan S1 Teknik Material. Pada hari jumat kemarin dilaksanakan rapat koordinasi yang mempertemukan tim akreditasi FTMD, Satuan Penjaminan Mutu (SPM) ITB, Dosen FTMD, dan wakil mahasiswa. Pada pertemuan itu dilaksanakan pemaparan dari SPM ITB mengenai teknis visitasi yang akan dilakukan assessor. SPM ITB adalah badan terlisensi untuk menangani akreditasi internasional di ITB. Sejauh ini, sudah lebih dari 20 program studi di ITB mendapat akreditasi internasional diantaranya berupa ABED dan ASIIN (tepatnya 23 kalau tidak salah).

Visitasi akan dilaksanakan tanggal 8, 9, 10 Maret 2016. Agak sedikit mengganggu karena, as you know, tanggal 9 itu tanggal merah…tapi ikhlas kok. Agenda assessor diantaranya melakukan diskusi dengan rektor, wakil rektor, dekan, SPM, wakil dekan, kepala program studi, dan mahasiswa. Selain itu, assessor juga melakukan peninjauan langsung ke fasilitas-fasilitas yang dimiliki oleh FMAE.    


Mohon doanya agar Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara ITB berhasil mendapatkan akreditasi internasional ini dan ‘perubahan budaya’ yang diharapkan berjalan secara baik untuk menghasilkan lulusan yang makin kompetitif pada skala global. Aamiin

Semoga tulisan ini dibaca juga oleh para pencari tempat kuliah tahun ini. Pesan dari saya, sekarang FTMD sangat progresif.


27 Februari 2015
di sekre Unit Robotika ITB
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment