Kualitas Relatif : Kenapa Orang Lain Tampak Lebih Keren ?

Dalil 'rumput tetangga selalu lebih hijau' berlaku di sini. Orang cenderung menilai orang lain lebih baik daripada dirinya. Menariknya, ini bisa berlaku dua arah. Si A menilai B lebih unggul daripada dia, sebaliknya si B melihat A lebih sempurna. Hal ini wajar karena A tahu kelebihan dan kekurangannya tetapi dari si B HANYA tahu kelebihannya saja, sebab kekurangan orang biasanya tertutupi.

TIdak ada orang yang sempurna. Membandingkan kekurangan kita dengan kelebihan orang lain adalah hal yang sangat tidak perlu. Sama dengan tidak fair-nya membandingkan kelebihan kita dengan hal yang orang lain belum ahli. Sama-sama membandingkan kelebihan atau kekurangan juga tidak oke karena kualitas diri dipengaruhi kebaikan dan keburukan sekaligus.

Kesimpulannya, tidak valid membandingkan diri sendiri dengan orang lain apalagi yang tidak betul-betul kita kenal. Lebih baik kita gunakan diri kita 'yang kemarin' sebagai pembanding. Jika hari ini lebih baik dari kemarin, kita beruntung. Jika hari ini sama saja dengan kemarin, kita rugi. Jika hari ini lebih buruk dari kemarin, kita celaka.


sambil mencicil tugas minggu ke-5 semester 6
Cisitu Indah VI 271, Bandung
21:21 WIB

Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment