Seminar Manager Skill Development URO ITB : Developing Awards-winning Recipes

Alhamdulilah...
Satu beban berkurang setelah terlaksananya Seminar Managerial Skill Development (SMSD) Unit Robotika ITB (URO ITB). Sebuah acara yang diamanahkan dalam bentuk proker kepada Divisi Manajemen Lomba BP URO 2015/2016. Acaranya memang tidak begitu besar, tetapi waktu yang tersedia untuk persiapan juga minim, itu yang membuat saya dan teman-teman cukup sibuk akhir-akhir ini.

Unit Robotika ITB adalah salah satu unit kegiatan mahasiswa di lingkungan Institut Teknologi Bandung. Unit ini masih cukup muda, baru terbentuk pada 2008 yang tujuannya adalah mewadahi mahasiswa-mahasiswa yang ingin mengikuti kompetisi di bidang robotika. Sebelumnya, mahasiswa ITB yang ingin mengikuti kompetisi terpecah-pecah dan kurang terorganisir. Penyatuan tim-tim ini menjadikan perwakilan ITB lebih terorganisir, mendapat dana dan SDM yang sesuai, serta lebih siap menghadapi lomba-lomba.

Fokus kegiatan URO ITB adalah untuk mengikuti kompetisi-kompetisi robotika. Kru (sebutan untuk anggota) URO dipastikan memiliki skill dasar di bidang robotika karena telah melewati proses kaderisasi dan seleksi selama kurang lebih 6 bulan. Setelah masuk ke URO dan tim pun, masih ada masa pembelajaran bagi pada kru baru. Oleh karena itu, skill teknis robotika mayoritas kru URO bisa dianggap cukup baik. 

Namun, seiring berjalannya waktu URO sadar bahwa ada faktor lain yang dapat menjadi penentu berhasil tidaknya suatu tim meraih prestasi, yaitu kemampuan manajerial. Proses persiapan lomba membutuhkan waktu yang lama. Oleh karena itu diperlukan effort untuk memaintain keberjalanan proyek. Selain itu, di samping hal-hal teknis, sebuah proyek robot juga berkaitan dengan pendanaan, fasilitas, akomodasi, dll. Hal-hal inilah yang memicu pemikiran untuk meningkatkan kemampuan manajerial kru.

Kembali ke SMSD
Seminar ini menghadirkan orang-orang yang mempunyai ilmu dan pengalaman dalam mengatur organisasi, proyek, dan pencarian sponsorship. Seminar terbagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama diisi oleh 2 orang mahasiswa Teknik Industri ITB. Sementara, sesi kedua diisi oleh pembicara dari PT T&E Simulation 

1. Remigius Mulyo Mardito (Dito), Ketua Pabrik MTI 2014
Dito menyampaikan tentang pentingnya manajemen sumber daya manusia dan tips-tips untuk mengoptimalkan SDM yang tersedia. Manusia adalah modal bagi suatu perusahaan atau tim. Dito menyampaikan langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk membentuk suatu organisai yang produktif dan efisien.

2. Theo Renaldo (Theo), Ketua Panitia 7th IECOM 2016
Theo banyak sharing mengenai pengalamannya dalam mengadakan lomba tingkat internasional yang diselenggarakannya. Paparan mengenai pencarian sponsorship menjadi hal menarik dan penting bagi kru URO. Selain itu, Theo menyampaikan tentang pengaturan timeline proyek yang tujuannya mendorong tim untuk tetap pada track dan mampu menyelesaikan proyek pada waktu yang diinginkan.

3. Muhammad Taufik Tirtosudiro, Software Development Manager PT T&E Simulation
Bapak Taufik juga merupakan lulusan ITB, jurusan fisika teknik angkatan 2001. Pada seminar SMSD beliau menyampaikan profil perusahaan dan pengalaman beliau di bidang project management di T&ES. Banyak tips-tips yang diberikan beliau mengenai bagaimana mengatur proyek beserta tahap-tahap yang perlu dilalui sehingga proyek dapat berjalan sebagai mana seharusnya. Pengalamannya di industri membuat presentasi yang disampaiakan bersumber dari fakta-fakta di perusahaan.

Seminar hari ini memberikan banyak manfaat, setidaknya bagi diri saya. Banyak tips-tips praktis yang bisa diterapkan di URO dan kasus-kasus yang bisa menjadi bahan studi bagi unit kegiatan kami ini. 

Secara pribadi, saya menangkan sebuah quote dari Pak Taufik bahwa salah satu hall yang perlu dilakukan untuk mencapai keberhasilan adalah "developing awards-winning recipes". Artinya, untuk menjadi orang atau tim yang juara dan terpadang, kita harus mempunyai langkah-langkah yang dijalani secara konsisten dan istiqomah. Hmmm...saya akan buat malam ini juga


-CN-


Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment