Posisi, Kecepatan, Percepatan

Secara sederhana dalam fisika, posisi adalah kedudukan suatu entitas dalam acuan tertentu, biasa dinyatakan dalam koordinat misalnya. Kecepatan adalah rate perubahan posisi, dinyatakan dalam perubahan posisi per satuan waktu. Percepatan adalah rate perubahan kecepatan, dinyatakan dalam perubahan kecepatan per satuan waktu
Teman-teman dari fisika atau fisika teknik mungkin bisa lebih menjelaskan..

Mari beranalogi, posisi saya analogikan sebagai kelas atau kualitas diri saat ini. Dengan begitu kecepatan adalah seberapa cepat kualitas diri kita membaik atau memburuk. Kecepatan bisa positif bisa pula negatif. Selanjutnya, percepatan adalah seberapa cepat progress perbaikan kualitas diri itu berjalan. Percepatan positif artinya makin lama kita makin progresif, percepatan negatif artinya perbaikan kita melambat.

Saya ada seorang teman, yang jika dilihat berdasarkan sistem koordinat saya (sudut pandang saya) pernah mengalami saat-saat berada pada posisi negatif. Luar biasanya, terjadi turning point yang mengubah kecepatan dan percepatannya menjadi sangat positif. Jangan ditanya posisinya sekarang. Dalam sistem koordinat saya dia masuk kategori menginspirasi. Ada beberapa teman yang berada pada kategori yang sama tapi mereka memang aman sejak awal, kecepatan selalu positif walaupun landai. Tapi yang satu ini memiliki slope yang luar biasa..


ya muqallib al quloob thabbit qalbi ‘alaa deenik 

"Setiap orang punya sistem koordinat masing-masing"-CN

Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment