Revolusi Industri 4.0


Dunia terus berubah dan semakin cepat. Memaksa manusia untuk ikut dalam putaran roda perkembangan yang semakin rapid. Mungkin ada benarnya kata-kata seorang ahli 'revolusi', siapa yang paling fit yang akan mampu bertahan. Tidak ada pilihan lain, semua orang di dunia harus menyesuaikan diri, siapa yang tidak bergerak akan tertinggal. Ironis, karena himpitan itu diakibatkan oleh ide manusia sendiri yang ingin memenuhi kebutuhannya dan dinamika terjadi karena sistem ingin berada pada kondisi setimbang.

Dunia telah mengalami tiga revolusi industri. Revolusi industri 1.0 terjadi dipicu ditemukannya teknologi mesin uap yang mampu melakukan hal-hal yang sebelumnya sulit dilakukan oleh tenaga atau skill manusia. Revolusi industri 2.0 diinisiasi oleh ditemukannya listrik. Sebuah penemuan luar biasa yang mengubah hidup manusia bahkan hingga sekarang dan masa yang akan datang. Revolusi industri 3.0 terjadi ketika komputer, teknologi informasi, dan otomasi berkembang. Kini, dunia mulai aware dengan Revolusi Industri 4.0 yaitu ketika research melibatkan unsur digital, phisical, dan biological sekaligus. Kondisi yang diyakini akan memunculkan hal-hal yang sebelumnya tidak diperkirakan akan ada. 



Ubiquitous, mobile supercomputing. Artificially-intelligent robots. Self-driving cars. Neuro-technological brain enhancements. Genetic editing. The evidence of dramatic change is all around us and it’s happening at exponential speed.

Previous industrial revolutions liberated humankind from animal power, made mass production possible and brought digital capabilities to billions of people. This Fourth Industrial Revolution is, however, fundamentally different. It is characterized by a range of new technologies that are fusing the physical, digital and biological worlds, impacting all disciplines, economies and industries, and even challenging ideas about what it means to be human.


World Economi Forum 

It's happening at exponential speed. Dunia akan semakin cepat berubah. Pendekatan '5 tahun lagi apa karier yang popular" semakin tidak relevan karena dalam beberapa tahun ke depan sesuatu hal bukan lagi berdilema antara popular dan tidak popular, tetapi mengenai ada dan tidak ada. Raja telepon selular tahun 2000an asal Finlandia telah mengalaminya. Revolusi industri 4.0 nyaris tak bisa dihindari. Arus ini akan memengaruhi kehidupan hampir semua orang. 

3D printing adalah tanda-tanda nyata datanngnya Revolusi Industri 4.0. Kita memasuki era dimana semakin banyak entitas yang dapat dibuat oleh tangan manusia. Tidak tanggung-tanggung, mungkin nanti hutan dapat dibuat secara artificial, name it artificial forest dan organ tubuh akan bisa dibuat sangat mirip dengan aslinya. Above all, tidak ada yang akan mampu menyamai ciptaan Allah SWT.

Beberapa tahun yang akan datang akan berbeda dengan hari ini. Apa yang ada saat ini belum tentu ada besok. Apa yang belum ada saat ini, mungkin akan segera muncul, dan kita belum tahu apa itu. Saat ini produk teknologi didominasi oleh logam, dalam waktu dekat akan digantikan oleh plastik dan komposit. Saat ini banyak jenis pekerjaan dilakukan oleh manusia, pada waktunya akan diakuisisi oleh robot. Otomasi tidak lagi hanya ada dalam industri, suatu saat akan masuk ke rumah kita. Luar biasa.

Ingin percaya atau tidak, optimis atau pesimis, tetap teknologi sudah ada dan akan terus berkembang.



-Chandra-

Revolusi industri, ketika seorang dosen menyisipkan wawasan ini di sela-sela kuliah setelah materi kuliah habis, yang teringat oleh saya adalah kejadian di Inggris yang menyebabkan kupu-kupu hitam populasinya booming. Wawasan memang harus selalu diperluas.


Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment