Seleksi

Selamat Ya..Anda peresentasi keenam, waktu 20 menit, selamat berjuang semoga sukses

Sebuah tulisan dari kertas undian urutan presentasi di kampus. Dalam rangka (alhamdulillah) seleksi mahasiswa berprestasi tingkat fakultas, FTMD ITB. Seminggu yang lalu saya dan beberapa teman menjalani kegiatan ini. Kamu melakukan presentasi ilmiah membawakan topiknya masing-masing yang berkaitan dengan "iptek dan inovasi untuk meningkatkan daya saing bangda", presentasi dilakukan di depan sekitar 7 atau 8 dosen dan menggunakan bahasa asing. Sejujurnya ini adalah salah satu momen paling grogi yang pernah saya alami selama kuliah di kampus ganesha ini.

Perjalanan seleksi

Alhamdulillah saya sangat bersyukur mendapat kesempatan untuk menjalani rangkaian seleksi mawapres ini. Pedoman seleksi mawapres, oleh dikti, ditetapkan untuk tingkat nasional tetapi pada tingkat di bawahnya 'disarankan' untuk mengikuti pedoman tersebut. Alhasil, di ITB sendiri, proses seleksi di tingkat program studi dan fakultas berbeda-beda. Ada prodi yang langsung menunjuk mawapresnya tetapi ada pula yang seleksi tingkat prodi sudah berlangsung sejak November lalu.

Prodi saya, teknik penerbangan, termasuk yang agak serius. Tahapan seleksi dimulai dengan sosialisasi, dosen kami yang mengurusi bagian kemahasiswaan memberikan informasi dan ajakan untuk mendaftar seleksi kepada mahasiswa dengam IPK minimal 3,0. Kemarin, akhirnya ada 11 orang yang mendaftar, 5 dari angkatan 2012 dan 6 dari angkatan 2013 (termasuk saya). 11 orang ini diminta untuk mengumpulkan CV dan sertifikat-sertifikat yang dimiliki. Prestasi dan kemampuan bahasa asing menjadi pertimbangan. Selanjutnya, kami bersebelas menjalani proses wawancara dengan kaprodi dan seorang dosen lain.

Seleksi tingkat prodi belum selesai, dari 11 orang tersebut dipilih 3 orang untuk melanjutkan ke tahap berikutnya dan alhamdulillah saya termasuk di dalamnya. Seleksi berikutnya terhadap 3 orang ini adalah seleksi karya tulis. Dalam waktu yang singkat, kami diminta untuk membuat karya tulis yang berhubungan dengan peningkatan daya saing bangsa. Karya tulis juga dilengkapi ringkasan berbahasa asing untuk menilai kemampuan mahasiswa.

Tiga orang terakhir kembali dipotong menjadi 2 orang melalui seleksi karya tulis tersebut. Tahap selanjutnya adalah seleksi tingkat fakultas. Di FTMD terdapat 3 program studi dan dalam seleksi mawapres ini setiap program studi diwakili oleh 2 orang mahasiswa. Seleksinya adalah mempresentasikan karya tulis yang dibuat. Pengalaman yang sangat berharga untuk saya. Terima kasih

Grogi

Grogi itu baik atau buruk ? Grogi adalah tanda bahwa kita naik 'kelas'. Kita grogi karena harus melakukan sesuatu yang belum pernah kita lakukan sebelumnya dan itu adalah tanda-tanda bahwa kualitas kita naik. Kita perlu khawatir jika lama tidak grogi karena artinya hidup kita stagnan. Bukankah hari ini harus lebih baik daripada kemarin dan besok harus lebih baik daripada hari ini ?
---------------------------------------------------------------
Ini ada dalam salah satu tulisan di dinding kamar saya, yang ketika saya tulis sama sekali belum ada gambaran di benak saya tentang bagaimana mencapainya dan apakah akan mampu mengusahakannya (sekali lagi, sekedar mengusahakan) di tempat ini.
Alhamdulillahhirrobbil 'alamin, segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam
Chandra Nurohman
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment