Fun Fact : FTMD ITB !




A fun post di sela-sela ujian dan tugas besar di akhir semster 6 saya (sebentar lagi berakhir yeey!). Fakta-fakta seputar kehidupan mahasiswa Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) Institut Teknologi Bandung, dari sudut pandang saya tentu saja

1. Ini sangat mencolok, FTMD adalah fakultas dengan komposisi gender paling tidak imbang di kampus ini. Quote "ini kampus dengan komposisi gender paling tidak imbang, yah 8 banding 1 lah, itupun kucing betina udah diitung" (Film Jomblo,2005) sangat direpresentasikan oleh FTMD. Solusinya, bergaul di lembaga-lembaga lain di kampus dong!

2. FTMD ITB memiliki 3 program studi S1 yaitu Teknik Mesin, Teknik Material, dan Aeronotika & Astronotika (Teknik Penerbangan). Perbandingan populasinya kira-kira 50% : 25% : 25%. Dari segi peminat, teknik mesin biasanya paling banyak karena kapasitasnya juga paling besar.

3. Lokasi FTMD di bagian barat ITB, mepet pagar barat. Kalo alamat resminya Labtek II (dua) ITB, Jalan Ganesha no 10.

4. Masjid langganan mahasiswa FTMD bukan Masjid Salman tapi masjidnya Batan, maklum jaraknya jauh lebih dekat.

5. Student Center (SC) FTMD adalah salah satu spot pengerjaan tugas favorit. Tempat ini luar biasa rame di masa-masa deadline. Walaupun outdoor tetap ada penunggunya sampai tengah malam.

6. SC bersebelahan dengan Kolam Mesin, salah satu tempat terkenal di ITB karena keangkerannya.

7. Adanya 3 prodi di FTMD juga dilengkapi dengan adanya 3 himpunan mahasiswa : Keluarga Mahasiswa Teknik Penerbangan (KMPN), Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM), dan Himpunan Mahasiswa Material (MTM).

8. FTMD sangat ketat masalah osjur (ospek jurusan, rekrutmen anggota baru himpunan yang sakral itu). Osjur dilaksanakan bersamaan untuk ketiga himpunan. Sssst cukup sampai situ spoiler osjurnya.

9. FTMD gedungnya 4 lantai + rooftop, tapi tak ada lift. Strong lah yaa!

10. Jumlah dosen FTMD yang ibu sangaaat sedikit dibandingkan yang bapak.

11. Sekretariat hinpunan KMPN dan HMM bersebelahan, bersahabat sekali.

12. Ada program fast track di FTMD, yaitu program yang memungkinkan mahasiswa lulus S1 dan S2 dalam waktu 5 tahun. Dosen cukup getol menawarkan program ini kepada mahasiswa.

13. Ada 3 program studi S1 di FTMD tapi secara keseluruhan ada 9 program studi jika dihitung dengan program S2 dan S3.

14. 3 Prodi S1 FTMD lagi nunggu akreditasi ASIIN. Kata dosen sih Juni ini hasilnya keluar, doakan ya.

15. Setiap masa wisuda, fakultas mengadakan syukuran dengan mengundang orang tua wisudawan. Momen ini dimanfaatkan mahasiswa untuk numpang makan siang, tiga kali setahun.

16. Kata orang, perkuliahan di prodi Teknik Penerbangan paling susah se-ITB. Kalau Mesin dikenal lulusnya agak lama.

17. "Mahasiswi ITB itu sukanya cowo-cowo dari FTTM ama FTMD". kata http://www.pedidikanindonesia.com/

18. FTMD punya Student Hall of Fame, terakhir isinya beberapa paper, pemberitaan, info pemenang lomba, dan foto Putri Indonesia Jabar 2016.

19. Walaupun populasi sangat sedikit, salah satu mahasiswi Penerbangan 2011 terpilih sebagai Putri Indonesia Jawa Barat.

20. FTMD lagi sangat progresif, kemarin ada program english writing course gratis, tes TOEFT ITP gratis, pelatihan public speaking, Sherlock Holmes (acara teka-teki gitu, saya tidak ikut kemarin jadi nggak begitu tahu), renovasi lab dan gedung, student talk, kuliah tamu (Airbus Helicopter, dll), dan sebagainya. Semuanya gratis tis..

Sementara itu dulu, saya masih mempunyai tugas yang perlu dikerjakan, sambung nanti lagi ya

Ada sebuah post menarik tentang mahasiswa-mahasiswa ITB, simak di
http://www.pedidikanindonesia.com/2015/01/100-fakta-mahasiswa-itb-yang-belum.html


Terima kasih :)

Chandra
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

5 comments:

  1. ngmong-ngomong ospek di ftmd gahar ngga sih kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru respon..
      Jadi ospek di ITB umumnya ada 3 tingkat nih : kampus, fakultas, jurusan. Ospek tingkat kampus bareng-bareng se-ITB pas awal masuk (pas jamanku namanya OSKM, tahun kemarin namanya Integrasi). Selow ini mah, cuma 3-4 hari paling dan happy2
      Ospek fakultas biasanya disebut kadwil (kaderisasi wilayah), ini FTMD malah gak ada.
      Ospek jurusan (osjur) ini di tahun kedua pas mau masuk semester 3. Osjur yang paling serius, tapi dari dekan dibatesi cuma 5 hari. Agak capek sih emang tapi gak ada kontak fisik atau semacamnya. Tingkat gahar-nya tergantung mau jurusan apa, mesin material atau penerbangan hehehe
      How ?

      Delete
  2. Kak mau nanya kalo teknik penerbangan osjurnya ngapain sih?

    ReplyDelete
  3. Kak mau nanya kalo teknik penerbangan osjurnya ngapain sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah harusnya gak boleh kasih spoiler nih wkwk tapi gak tau pastinya juga sih soalnya tiap tahun beda. Kalau tahun lalu dibatasi sama ftmd cuma boleh 5 hari berturut turut pagi-sore tapi ada agenda malem juga, habis itu juga ada agenda tiap weekend.

      Angkatan 2016 ? Semangat! Jalanin bareng bareng

      Delete