Student Task : Finite Element Method (Metode Elemen Hingga)

"Kalian sudah mengerjakan satu cycle secara engineering", berkata Mr. TD, dosen mata kuliah AE4040 Finite Element Method di akhir presentasi tugas besar kuliah FEM, 16 Mei 2016.

Sungguh ini tugas yang cukup berkesan bagi saya. Sebab utamanya karena ketika menerima tugas mahasiswa sama sekali tidak tahu akan sesulit apa dan apa masalah yang akan dihadapi. Dua bulan yang lalu setelah diberi pelatihan software MSC Patran-Nastran, kami diberi tugas besar yaitu menganalisis kegagalan struktur. Struktur yang dianalisis dipilih sendiri oleh mahasiswa. Masalahnya adalah, skill kami masih minim dan kami belum bisa membedakan mana struktur yang feasible untuk dianalisis pada level ini. Pemilihan obyek seperti membeli kucing dalam karung.

Kelompok saya
Tugas ini dikerjakan berkelompok, seharusnya satu kelompok terdiri dari 3 orang tetapi karena suatu hal kelompok saya hanya dua orang, saya dan seorang rekan, Audy Marsel. Kami menganalisis kegagalan struktur kursi kerja dimana banyak sandaran kursi yang patah dalam penggunaannya. Saya yakin Anda juga pernah mengalami atau melihat kursi kantor yang sandaran punggungnya patah. Alasan memilih ini adalah barangnya ada dan bisa langsung kami periksa. Kursi di kamar saya yang menjadi obyek penelitian termasuk untuk dibor, tapi masih bisa digunakan.

Pemilihan obyek seperti membeli kucing dalam karung. Tapi tampaknya kami diuntungkan karena geometri obyek yang sederhana dan materialnya yang merupakan logam isotropic. Isotropic kurang lebih artinya material memiliki sifat yang seragam ke segala arah. Karena kesederhanaan ini saya dan Marsel memutuskan untuk memberikan nilai tambah lebih dari yang diminta dosen yaitu menambahkan workflow, melakukan pengujian berulang, dan pembuatan alternatif desain.

Main MSC Patran bukan hal yang sederhana. Ketika diajari kami hanya memodelkan pelat yang sangat sederhana dan running hanya membutuhkan waktu beberapa detik. Ternyata dalam tugas besar ini orde waktu running sudah hitungan jam. Akibatnya banyak waktu 'terbuang' untuk menunggu apalagi kami melakukan analisis pada banyak opsi geometri. 

Membuat geometri, menganalisisnya, melakukan running di Patran, uji konvergensi, coba lagi. Hal iru berulang terus sampai lembur. Tak apa lah, alhamdulillah hasilnya memenuhi target walaupun ada sisi yang perlu direvisi, kami tetap bersyukur. 

Laporan lengkapnya terlalu panjang untuk ditulis di sebuah blog. Bila Anda mendapatkan tugas serupa dan membutuhkan referensi, bisa hubungi saya di email :



Satu hal menarik lain dari tugas ini adalah di akhir laporan kami diminta untuk menuliskan feedback dan pendapat mengenai tugas, kerjasama dalam kelompok, dan kemampuan menyelesaikan masalah kelompok. Overall, saya merasa dinamika kelompok saya baik dan produktif.



Gambar : salah satu hasil pemodelan, jumlah elemen masih sedikit untuk yang ini tapi warna masih jelas, 


Salam,

Chandra

Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment