ATM Pecahan 20 Ribuan di Bandung


Mahasiswa rantau, termasuk saya, sangat akrab dengan ATM. Beberapa hari sekali pasti masuk ruang ATM untuk mengambil kiriman orang tua atau uang beasiswa. ATM yang beredar saat ini kebanyakan mengeluarkan uang pecahan 50 ribu dan 100 ribu. Namun, saya menemukan beberapa ATM yang masih mengeluarkan uang 20 ribuan.

Angpao Lebaran
Berbeda dengan ATM 50 dan 100 ribu yang menggunakan uang lama tetapi masih bagus, ATM 20 ribu berdasarkan pengalaman saya menggunakan uang baru. Saya terpikir bahwa ini bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan uang baru untuk angpao lebaran. Cara ini tentu saja lebih nyaman daripada 'membeli' uang baru yang dijajakan di pinggir jalan atau antri di Bank Indonesia. 

Pedagang Kecil
Kemarin saya mengambil uang di ATM 20 ribu dan mendapat uang baru. Saya terpikir sebuah nasehat dari sepupu, "kalau bayar tol pake uang lusuh aja, nanti Jasa Marga langsung nukar ke BI". Saya lengkapi logika itu dengan "beli di warung pake uang baru aja, karena uangnya akan muter kemana-mana". Saya praktekkan kemarin sore di kios juice ketika buka puasa. Saya beli jus seharga 6 ribu dan bayar dengan 20 ribuan baru. Penjualnya tidak ada kembalian lalu bilang "sebentar saya nuker dulu", menariknya dia menyimpan uang itu dalam lacinya lalu mengambil uang lain yang lusuh untuk ditukarkan. Kesimpulannya, masyarakat kita lebih senang uang mulus, walaupun nilainya sama. Akhirnya saya temukan bukti kata-kata Grisham, di warung juice.

Dimana ada ATM 20 ribuan ? Saya menemukan di BNI depan ITB dan ATM BNI di Bandung Electronic Center (BEC), mungkin masih cukup banyak yang lain.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment