Cerita Kerja Praktek

Hari ini, 5 Agustus 2016 adalah hari terakhir saya kerja praktek (KP) di PT T&E Simulation, Bandung. T&ES adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang 3D simulation dan semacamnya. Saya tidak menjelaskan lebih detail mengenai perusahaan ini karena tidak perlu, saya memang tidak cukup tahu, dan kurang etis hehehe. Publikasi bukan hal yang penting bagi mereka sebab customer-nya adalah kalangan tertentu saja misalnya militer dan pertahanan. 

Penerimaan
Saya agak berbeda dengan teman-teman yang mengurus KP sejak awal atau pertengahan semester kemarin. Saya mengurusnya cukup mendadak di akhir semester. Saya cukup percaya diri akan bisa jadi intern disana karena sudah punya beberapa kenalan orang dalam baik karena hubungan saudara atau pernah bekerja sama. 

Sesuai prosedur, saya meminta surat pengantar dari TU program studi untuk dikirimkan ke perusahaan. Selanjutnya surat itu saya scan dan kirimkan lewat email ke bagian HIRD. Saya mengirim email pukul 12 siang dan pukul setengah 2 saya sudah mendapat balasan email balasan yang melampirkan surat berikut


Cepat dan instan sekali bukan!

Saya KP selama 2 bulan, sebenarnya ini mungkin akibat surat dari program studi menuliskan masa KP minimal 1 bulan dan maksimal 2 bulan. Jika saja program studi menulis "masa kerja praktek adalah 1 bulan" maka kami hanya akan kerja praktek 1 bulan seperti teman-teman dari Matematika, bila ditulis 6 bulan-1 tahun Anda tahu lah apa yang akan terjadi. 



Apa yang kami kerjakan ?
Saya tidak berhak mengumumkan apa saja yang saya kerjakan di sana, karena ini termasuk dalam perjanjian. Yang bisa saya katakan, saya KP di bidang flight simulation dan yang saya lakukan adalah ngode, eeh ngoding. 

Topik KP di perusahaan ini sepertinya tergantung pada proyek apa yang sedang atau akan mereka kerjakan. Bila teman-teman ada yang berminat KP di sana tahun depan, maka tugasnya bisa berbeda. Tidak ada kurikulum atau topik-topik siap pakai di sana. Ini justru menarik karena dari pengalaman saya baru ketika saya datang pertama kali untuk KP saya diberi tahu siapa pembimbing kerja praktek dan apa yang harus saya kerjakan.





Fasilitas
Sungguh, dari segi fasilitas saya sangat bersyukur bekerja di tempat ini. Setiap pagi, ada mobil jemputan yang menjemput mahasiswa-mahasiswa KP. Assembly pointnya di gerbang Dago Asri, bagi Anda yang di sekitar Dago atau ITB tentu tahu. Sampai di kantor kami diberi ruangan dengan meja sendiri-sendiri plus akses internet. Tidak perlu mengurus surat ijin membawa laptop atau sejenisnya hehehe.

Siang harinya, pada jam istirahat 12.00-13.00 disediakan makan siang yang 4 sehat 5 sempurna. Selama KP sepertinya gizi saya lebih baik dari hari-hari biasa di tempat kos. Makanannya juga selalu enak, jago banget yang masak. Menunya mulai dari soto, rawon, rendang daging sapi, ayam lombok ijo, dll lengkap dengan sayur, sambal, krupuk, dan minum.

Anda ingin coffee break ? Tersedia kopi, susu, teh, nutrisari, dll yang bisa dinikmati. Walaupun pada hari terakhir saya ditegur karena minum pakai gelas milik orang hehehe. Sorenya, disediakan makan malam pula. Tapi untuk yang satu ini saya belum sempat menikmati karena keburu pulang kantor, mahasiswa KP pulang lebih awal karena mobil jemputan sudah terjadwal pukul 4 sore.




Buka bersama dan Rudy Habibie
Tidak hanya bekerja yang jadi kegiatan kami, ada pula acara kebersamaan yang kami ikuti yaitu buka bersama 2 kali ketika bulan puasa kemarin dan nonton bareng film Rudy Habibie di CGV Blitz BEC Bandung :D
Menyenangkan sekali








Lokasi
Ketika pusing dan bosan duduk di depan laptop memandangi kode-kode dan mencari semicolon yang menyebabkan error, tinggal keluar ruangan untuk mencari pemandangan indah. Kantor ini terletak di daerah Maribaya, sebelum Lembang lah kalau datang dari Bandung kota. Tempatnya di atas bukit, jalan untuk sampai kesana pun agak susah, dan tempatnya tersembunyi. Sangat ideal untuk pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi

Ini pemandangan dari tempat kami bekerja :








Teman-teman
Pada periode ini, saya sempat bekerja bersama teman-teman dari jurusan Teknik Elektro dan Matematika ITB walaupun dengan waktu mulai dan selesai yang berbeda. Ada pula teman dari Politeknik Negeri Bandung (Polban) namun sayangnya ditempatkan di ruangan yang berbeda sehingga hanya bertemu ketika salat dan makan siang. 

Ini salah satu foto (sebagian dari) kami, bersama pembimbing juga :




Ucapan terima kasih
Saya sungguh berterima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk bisa KP di tempat ini. Saya mendapat ilmu, pengalaman, dan wawasan baru. Terima kasih kepada Mas Avee, Mas Puncak, dan mas-mas yang lain. Terima kasih Mas Agra Barecasco atas bimbing
annya, juga Mbak Riska dan Mbak Uti. Terima kasih pula kepada bapak driver, satpam, ibu-ibu dapur, dan yang lainnya yang tentu tidak dapat saya sebut satu-persatu.




Salam,
Chandra
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment