EPL is Back !!

Setelah sekian lama ditunggu akhirnya English Premier League (EPL) kembali ke hadapan kita. Hari ini, 13 Agustus 2016 pekan pertama Liga Inggris dimulai. Kabar gembira lain, musim ini akan makin banyak pertandingan yang bisa disaksikan di stasiun televisi lokal setelah MNC Group membeli hak siar EPL. Kampanye Perindo ya ? hehehe..

Saya masih tetap Liverpool. Pada pekan pertama ini LFC akan bertanding melawan Arsenal besok Minggu (14/8). Tulisan saya mengenai Liverpool musim ini dapat Anda simak di : 


Dilihat dari segi industri dan perputaran uang, EPL adalah liga terbaik di dunia. Tim-tim liga Inggris jarang mengalami krisis finansial. Hampir semua tim mulai dari juara bertahan hingga tim promosi mampu melakukan pembelian pemain yang berbobot. Tidak seperti di negara lain misalnya Italia. Jangankan belanja pemain, di Italia bahkan ada tim yang harus degradasi ke divisi 4 karena pailit. Spanyol dan Jerman juga tidak begitu sehat secara finansial dimana ada tim yang nilai asetnya setara dengan gabungan banyak tim lain misalnya Real Madrid.

Sebagai liga 'terkaya' di dunia, kualitas tim-tim Inggris justru mengalami penurunan di beberapa tahun terakhir. Hal ini tercermin dari prestasi mereka di Liga Champions dan Liga Eropa. Akhir-akhir ini Liga Champions dikuasai oleh Real Madrid, Barcelona, Atletico Madrid (Spanyol), Bayern Muenchen, Borussia Dortmund (Jerman), dan Juventus (Italia). Sedangkan Liga Eropa dirajai oleh Sevilla (Spanyol) yang telah menjuarai kompetisi ini 3 tahun berturut-turut. 

Musim ini Liga Inggris kedatangan pelatih-pelatih top dunia macam Jose Mourinho (Manchester United), Pep Guardiola (Manchester City), Antonio Conte (Chelsea), dan Juergen Klopp (Liverpool, sejak pertengahan musim lalu). Sementara itu Arsenal masih bersama Arsene Wenger, Totenham masih dengan Pochettino, dan juara bertahan Leichester City baru memperpanjang kontrak Claudio Ranieri. Siapa pelatih yang akan mampu membawa timnya ke tangga juara ? Dan siapa yang akan dipecat pertama kali ? hehehe

Selain pelatih, pemain-pemain baru pun memasuki dataran Inggris musim ini. Meskipun saya fans Liverpool tapi saya akui bahwa MU menjadi tim paling fenomenal pada bursa transfer kali ini dengan mendatangkan Zlatan Ibrahimovic secara gratis serta mengambil kembali Paul Pogba dan menjadikannya pemain termahal dunia. 


Siapa yang akan menjuarai EPL musim ini ? Siapa yang akan masuk zona CL dan EL ? Siapa yang terdegradasi ? kejutan apa yang akan terjadi ? Let's see :)


Bola Nike Ordem EPL 2016-2017 :

Jadwal EPL 2016-2017 :


Image source :
Logo : http://itsgoneviral.com/wp-content/uploads/2016/06/PL-Logo.jpg
Ball : http://soccermaterial.com/wp-content/uploads/2016/06/Nike-Ordem-4-EPL-Ball-2016-2017.jpg
Table : http://theworldgame.sbs.com.au/sites/sbs.com.au.theworldgame/files/styles/body_image/public/epl-draw.jpg?itok=jrpGvTLB&mtime=1471004884

Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment