Kaleidoskop 2016

Saya sebenarnya tidak terlalu tertarik dengan euforia momen tahun baru. Memang bisa dijadikan check point untuk introspeksi diri. Tapi sebenarnya nggak harus tahun baru. Lebaran bisa, ulang tahun bisa, tanggal tertentu bisa.

Tapi kali ini saya ingin membuat kaleidoskop 2016 yang isinya beberapa postingan favorit blog ini sepanjang 2016. Membuat ini menjadikan saya membuka-buka lagi memori lama. Mungkin ada perbedaan antara saya hari ini dan Januari lalu. Semoga perubahannya mengarah ke arah yang baik. Aamiin

Berikut beberapa koleksi saya :

Januari
Blog ini baru saya mulai akhir januari 2016. Hanya ada 1 post pada bulan itu. Sebenarnya link ini dulu isinya cerita saya tentang semester 6 (perhatikan link-nya) tapi akhirnya saya ubah untuk membuat tulisan perkenalan. Tak usah saya kasih link ya, silakan buka sendiri jika Anda ingin tahu saya hehehe.

Februari - Penyakit Cacar Air pada Orang Dewasa
Awal tahun 2016 saya mengalami penyakit cacar air. Semasa kecil saya memang belum pernah mengalami ini. Dalam tulisan ini saya ceritakan pengalaman cacar air saya mulai dari gejala awal, perjalanan sakitnya, obatnya, dll. Orang dewasa cenderung lebih parah jika sudah terserang. Mungkin tulisan ini akan bermanfaat bila ada yang terserang juga. Karena saya dulu juga browsing-browsing tentang ini.

Maret - Rivalitas Garuda Indonesia
Ini adalah resume tugas kuliah sistem transportasi udara. Kami diminta menganalisis bisnis Garuda Indonesia domestik dan Internasional. Dari sini juga kami mendalami bisnis maskapai-maskapai lain. Jika Anda ingin berdiskusi atau mendapatkan file lengkap bisa hubungi saya :)

April - Sabrang Mowo Damar Panuluh
Saya agak binggung untuk memilih post dari bulan April. Tapi rasanya ini yang jadi favorit. Sabrang adalah putra dari Cak Nun. Dia orang yang berkepribadian menarik, multitalent, dan enak didengar baik ketika nyanyi sebagai vokalis Letto maupun ketika ceramah.

Mei - Winglet Pada MotoGP
Selain sepak bola, MotoGP adalah tontonan yang menarik bagi saya. Saya sendiri juga senang mengendarai motor sport macam itu. Tahun ini ada inovasi di MotoGP berupa winglet (walaupun dilarang di 2017). Winglet adalah istilah yang dipakai pada salah satu komponen sayap pesawat terbang. Kali ini winglet diterapkan pada motor.

Juni - ATM Pecahan 20 Ribu di Bandung
Saya pikir tak ada yang spesial dengan postingan ini. Saya juga menuliskannya hanya karena ingin bercerita bahwa masih ada ATM yang mengeluarkan pecahan 20 ribu. Lokasinya tepat di depan ITB, ATM BNI. Ternyata, ini postingan dengan view paling banyak di 2016.

Juli - Book Review : Meneladani Gajah Mada
Saya masukkan sebuah tulisan berupa book review di daftar ini. Ini adalah review buku novel seri Gajah Mada 1-5. Buku ini berlatar Majapahit dan menceritakan sepak terjang Mahapatih Gajah Mada. Sangat saya rekomendasikan untuk dibaca.

Agustus - Tanpa Visi, Raksasa Bisa Mati
Saya hanya membuat 4 post pada bulan Agustus jadi tidak banyak pilihan untuk dimasukkan daftar ini. Tapi diantara 4 itu ini mungkin yang paling berbobot. Saya menuliskan kenyataan bahwa persaingan di era modern makin kejam. Yang tidak cekatan akan tertinggal !

September - Tarif Parkir ITB Ganesha, Gelo Ieu Mah !
Bulan September terjadi gejolak berkaitan dengan urusan parkir ITB. Tarif parkir motor naik hingga 5000 rupiah. Mahasiswa protes dengan parkir di Gerbang Depan ITB. Urursan perut dan kantong memang efektif untuk mendorong aksi mahasiswa.

Oktober - IDEO : Perusahaan Ide yang Revolusioner
IDEO adalah sebuah perusahaan berbasis di Amerika. Perusahaan ini memiliki kultur kerja yang berbeda dengan kebanyakan perusahaan lain.

November - AOTULE Conference Hong Kong
Tulisan ini adalah cerita saya yang Alhamdulillah berkesempatan mengikuti sebuah konferensi di Hong Kong. Ada beberapa tulisan berkaitan dengan ini. Sebuah pengalaman yang sangat berharga dan sangat saya syukuri.

Desember - Ngobrol Asik dengan Bupati Kulonprogo
Kepulangan singkat saya di pertengahan Desember menjadi sangat berkesan saat saya diajak berkunjung ke Bupati Petahana Kulonprogo, dr. Hasto Wardoyo Sp.OG(K). Kami ngobrol banyak hal dan mendapat banyak wejangan yang sangat berguna dan mengena. Ada juga cerita kunjungan kami ke Pak Iskandar Woworuntu, pimpinan Bumi Langit Institute.


Sekian kilas balik saya, semoga tahun depan akan banyak lagi tulisan-tulisan bermutu. Semoga saya juga tidak bingung lagi tentang "Sebenarnya saya menulis untuk apa ?"

Terima kasih kepada semuanya yang telah mengisi hari-hari saya setahun ke belakang. Barakallah.

Selamat tahun baru 2017. Semoga banyak capaian-capaian baru di tahun yang akan datang.

Selamat malam, selamat tahun baru :)


Chandra
Bandung Bantul, 31 Desember 2016, 23:23
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment