October Sky : True Story, Kekuatan Mimpi, dan Inspirasi

Alkisah ada seorang bernama Homer Hickam Jr. Dia adalah seorang insinyur sekaligus penulis. Karirnya melejit di kedua bidang itu. Sebagai insinyur, dia adalah salah satu engineer di NASA. Sebagai penulis, salah satu karyanya adalah novel memoir hidupnya sendiri, Rocket Boys (selanjutnya diberi judul October Sky) yang menjadi buku 'wajib' di sekolah-sekolah pada jamannya. Tahun 1999, novel ini difilmkan dengan judul October Sky. Film ini yang akan saya ceritakan.

Homer adalah seorang pemuda yang berasal dari Coalwood, sebuah kawasan tambang di West Virginia. Alih-alih mengikuti jejak ayahnya menjadi pimpinan tambang, dia bermimpi untuk menguasai angkasa. Semua itu dipicu kekagumannya menyaksikan Sputnik buatan Rusia melintasi langit Amerika. 

Orang-orang di sekitarnya beranggapan bahwa penghidupan ada di bawah permukaan bumi, galian tambang. Anomali pada dirinya membuat gagasannya sulit diterima. Homer yang visioner dan ambisius mengumpulkan beberapa teman sekolahnya. Mereka adalah Quentin Wilson yang kutu buku dan jago sains, Jimmy Carrol yang bersemangat dan memiliki akses ke alat pertukangan tambang, serta Sherman Siers yang terampil di lapangan.

Banyak sekali rintangan yang di alami oleh bocah-bocah ini. Semua orang menganggap remeh kecuali seorang guru di sekolahnya, Miss Riley. Tak kenal menyerah dengan rintangan dan kegagalan mereka akhirnya berhasil meraih capaian yang luar biasa -- dan memang nyata terjadi. Percobaan-percobaan terus dilakukan. Seiring berjalannya waktu orang-orang terbuka mata dan pikirannya. 

Kecelakaan tambang, amarah orang tua, dilema antara tambang dan roket, science festival, dan borgol mewarnai perjalanan Rocket Boys dalam mengejar cita-citanya. 

Keberhasilan Rocket Boys memiliki implikasi yang unik. Mengingat ini kisah nyata, saat itu (tahun 1960an), di West Virginia, Rocket Boys berhasil mengubah pandangan masyarakat tambang bahwa ada cara lain untuk hidup. Tambang pun akhirnya mati dan ditutup dengan damai. Selanjutnya, pada akhir abad 20, ketika Homer Hickam menulis memoirnya sebagai novel dan akhirnya difilmkan, kisahnya menginsipirasi generasi-generasi berikutnya.

Tidak salah tagline film ini, "A great movie that will live in your memory forever". Inspirasinya meliputi berbagai generasi.

Semangat pantang menyerah, determinasi, optimisme, dan kerjasama sudah umum menjadi nilai moral sebuah film fiksi. Tapi October Sky adalah kisah nyata. Karyanya benar-benar ada dan ditampilkan. Bumbu keharuan juga mengisyaratkan betapa pentingnya sebuah keluarga. Video di akhir film benar-benar menunjukkan sesuatu yang nyata mereka lakukan.

Kesimpulannya, meskipun ini film lama, wajib Anda tonton untuk menggelorakan kembali semangat yang mulai aus.

Link : October Sky (1999) , IMDb 7.8/10

Homer Hickam
Homer dan Quentin hampir membuat lab kebakaran
Rocket Boys dalam film October Sky
No Caption...


Salam,
Chandra
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment