Akta Kelahiran, Ijazah, dan Dokumen Lain in English, How ?


Saat ini saya sedang duduk di Ghratama Pustaka Yogyakarta. Perpustakaan milik BPAD DIY yang masih belum lama dibuka. Lokasinya di samping Jogja Expo Center (JEC), bagian timur Kota Yogyakarta. Sebelum ke sini, pagi tadi saya sempat mampir ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bantul dan ke SMA N 1 Bantul. Tujuan saya adalah untuk menanyakan apakah bisa dokumen-dokumen kependudukan dan akademik ditranslate ke English secara resmi. Mungkin nanti akan berguna untuk mencari beasiswa, studi lanjut, atau untuk bekerja.

Karena studi saya lakukan di Dinas Dukcapil Bantul dan di SMA N 1 Bantul jadi di tempat lain mungkin berbeda ya.

Hasil 'investigasi' hari ini silakan dibaca di bawah ini :

Apa itu Dukcapil ?
Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil adalah SKPD yang bertugas mengurusi urusan kependudukan seperti mengurus akta kelahiran, akta kematian, mutasi penduduk, layanan kartu keluarga, dll. Untuk Kabupaten Bantul, lokasinya ada di Kompleks Perkantoran Daerah di Manding, Bantul. Secara umum lokasinya gampang dicari.

Bagaimana layanan dan cara kerja Dukcapil ?
Dukcapil Bantul memiliki layanan yang cukup baik, cepat, dan nyaman. Ada 6 loket di kantor layanannya masing-masing untuk mengurus dokumen yang berbeda. Ketika datang pastikan Anda sudah tahu dokumen yang Anda urus. Lalu ambil nomor antrian dengan menekan tombol antrian di dekat pintu masuk. Ada 6 buah tombol, sama seperti jumlah loket. Untuk pengurusan akta kelahiran pencet tombol E, sudah ada petunjuknya kok. Setelah itu antri menunggu dipanggil. Ruang tunggunya cukup nyaman kok.

Bagaimana cara tahu syarat-syarat pengurusan dokumen ?
Langsung saja datang ke sana, ada petunjuknya. Kalaupun pertanyaan belum terjawab silakan bertanya ke Customer Service. Customer service tidak menggunakan nomor antrian jadi begitu kosong langsung menghadap petugasnya saja. Kalau antri ya saling mengerti saja, data duluan duduk duluan. CS siap menjawab pertanyaan-pertanyaan umum. Saya juga ketika datang menuju ke CS dulu, baru setelah itu diminta antri loket E (Akta Kelahiran).

Tahun 90an akta kelahiran warna kuning dan bahasa Indonesia, bisakah minta English ?
Bisa.

Bagaimana cara minta akta berbahasa Inggris ?
Langsung datang ke loket Akta Kelahiran di Dinas Dukcapil di daerah masing-masing.

Apa syarat untuk meminta akta dalam bahasa Inggris ?
Yang perlu dibawa adalah KTP asli dan fotokopi. Kartu Keluarga yang ada nama kita, asli dan fotokopi. Akta kelahiran asli dan fotokopi. 

Berapa biaya pembuatannya ?
Biaya pengurusan dokumen kependudukan GRATIS. Tulisan gratis itu juga terpampang di dalam kantor Dinas Dukcapil Bantul. Harusnya ini berlaku termasuk untuk akta English ini. Yang ini saya lupa tanya hehehe

Berapa waktu yang dibutuhkan ?
Waktu pengurusan akta kelahiran adalah selama 3 hari kerja.

Apakah pengurusan bisa diwakilkan ?
Bisa. Jika diwakilkan maka harus disertai surat kuasa dan KTP orang yang diberi kuasa. Siapkan juga fotokopinya untuk jaga-jaga

Bagaimana dengan dokumen akademik (Ijazah, SKHUN, dll) ?
Sekolah tidak berwenang untuk mengeluarkan dokumen 'sekuat' ijazah. Jadi yang bisa dilakukan adalah memberikan surat keterangan. Jadi intinya mengonfirmasi bahwa yang bersangkutan sudah lulus dengan nilai sekian pada tahun sekian dll, in English. 
Biasanya translate dokumen dilakukan oleh lembaga tertentu yang ditunjuk atau oleh kedutaan besar yang berwenang. Karena bisa jadi translate bukan hanya soal bahasa tetapi juga format penulisan.
Informasi ini berdasarkan penuturan guru BK kami dan pengetahuan saya ya, silakan dicek di sekolah masing-masing. CMIIW :)

Pesan-pesan
Bagi Anda yang merupakan warga Bantul, mengurus dokumen di Dukcapil Bantul enak kok. Pelayanan bagus, gratis, tempat nyaman, parkiran cukup. Jadi jangan malas berurusan dengan birokrasi, setidaknya untuk SKPD ini :)
Mari merencanakan hidup beberapa langkah ke depan. Kerjakan sesuatu selagi bisa dan tidak terburu-buru. Walaupun ini contohnya sempit, tapi untuk dokumen dan tujuan lain juga bisa dilakukan treatment yang sama. Selamat mencoba...


Semoga diridhoi, aamiin
Chandra


sumber gambar : Pixabay
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment