Flying With Us : Teknik Penerbangan ITB


Sejak lama, teknologi penerbangan terus berkembang. Pada awalnya manusia terinspirasi dari burung. Alangkah enaknya bisa pindah dari satu tempat ke tempat lain dengan terbang. Beberapa tokoh dirgantara dunia yang terkenal antara lain Ibnu Firnas, Otto Lilienthal, dan tentu saja penemu pesawat terbang bermesin terkendali pertama yaitu Wright bersaudara.

Sekarang pesawat terbang sudah canggih dan masih terus berkembang. Beragam jenis pesawat terbang lalu lalang di atas kita. Indonesia juga terus mengembangkan industri dan pendidikan kedirgantaraannya mengingat kondisi Indonesia sebagai negara kepulauan.

Nah, bagi kamu-kamu yang ingin ikut serta dan berkarir dalam bidang teknologi yang sangat canggih ini, bisa dimulai dengan bergabung bersama kami di Prodi Teknik Penerbangan ITB. Di sini kita bukan hanya belajar. Pendidikan penerbangan di ITB sudah digagas pada tahun 1960-an oleh Bung Karno untuk menunjang industri pesawat terbang dalam negeri. Coba deh cari artikel tentang sejarah kedirgantaraan Indonesia, pasti ITB disebut hehehe. 

Tentang Teknik Penerbangan ITB
Sampai saat ini ITB masih menjadi satu-satunya PTN yang membuka jenjang S1 Teknik Penerbangan di Indonesia. Resminya, mengikuti panamaan di luar negeri, prodi ini sekarang namanya Aeronotika dan Astronotika ITB. S1 Teknik Penerbangan ITB sekarang sudah terakreditasi internasional yaa, oleh lembaga dari Jerman, ASIIN. 

Akreditasi BAN-PT : A

Akreditasi Internasional ASIIN

ITB saat ini punya 3 kampus : Kampus Ganeca di Jalan Ganeca di Kota Bandung, Kampus ITB Jatinangor, dan Kampus ITB Cirebon. Teknik Penerbangan berada di kampus pusat, di Jalan Ganeca, Kota Bandung.


Apa saja yang dipelajari ?
Setidaknya ada 5 hal besar yang diperlajari di Teknik Penerbangan ITB.
(1) Mekanika Terbang, bidang ini mempelajari bagaimana pesawat bisa terbang dengan stabil dan baik. Termasuk software-software dalam pesawat
(2) Aerodinamika, bidang ini membahas tentang aliran udara, penting banget dong dalam dunia penerbangan
(3) Struktur ringan, bidang ini membahas hardware pesawat. Pesawat harus ringan dong biar bisa terbang, tapi harus tetep aman, nah itu dipelajari di sini.
(4) Operasi pesawat terbang, bidang ini membahas soal bisnis penerbangan, bandara, perawatan, dan semacamnya.
(5) Astrodinamika, bidang ini membahas tentang wahana luar angkasa seperti satelit.

Salah satu lab, ada pesawatnya lhoo   |    sumber : twitter Aku Masuk ITB
Laboratorium yang ada di Teknik Penerbangan :
1. Lab Aerodinamika
2. Lab Mekanika Terbang
3. Lab Aeroelastisitas
4. Lab Astrodinamika
5. Lab Struktur Ringan
6. Lab Perancangan Pesawat
7. Lab Komputer
8. Lab Propulsi
9. Lab Highspeed Aerodynamics
etc...


Lulusannya biasanya jadi apa ?
Lulusan Teknik Penerbangan ITB macem-macem kelanjutannya. Ada yang jadi akademisi, jadi dosen di ITB atau kampus-kampus lain di dalam dan luar negeri. Jadi researcher atau peneliti, beberapa alumni bergabung ke lembaga-lembaha riset di dalam dan luar negeri. Ada yang bekerja di industri pesawat terbang (Boeing, Airbus, Embraer, PTDI, dll). Ada juga yang di perusahaan-perusahaan lain di berbagai bidang. Ada juga yang wirausaha mendirikan perusahaan sendiri.
Kalau yang baru lulus biasanya ada yang lanjut S2 dan ada yang kerja. Yang S2 ada yang di ITB lagi ada juga yang cari beasiswa macam LPDP, Erasmus+, dll dan lanjut ke luar negeri. Beberapa kampus yang ada alumninya misalnya MIT, Virginia Tech, Cambridge, Imperial College, TU Delft, ISAE Supaero Perancis, TU Munich, RWTH Aachen, Cranfield University, Tokyo Tech, RMIT Melbourne, dll. Macem-macem pokoknya

Bagaimana cara daftarnya ?
Ada 2 jalur untuk masuk ke ITB : SNMPTN dan SBMPTN. Tidak ada ujian mandiri yaa. Aturan SNMPTN dan SBMPTN-nya sama seperti yang lainnya. Tapi perlu teman-teman tahu, milihnya bukan Teknik Penerbangan yaa, tapi Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD). Nanti teman-teman masuk ke fakultas dulu, ikut TPB, baru setelah setahun memilih jurusan yang diinginkan.
Eh sekarang ada juga kelas internasional di Teknik Penerbangan lho. Info lengkapnya di laman ITB, nanti ada linknya di bawah

Apa itu TPB ?
Tahap Persiapan Bersama (TPB) adalah masa kuliah satu tahun pertama di ITB. Jadi mahasiswa baru belum punya prodi. Mahasiswa masih bergabung satu fakultas. Contohnya, misal kamu diterima FTMD, selama setahun pertama kamu akan kuliah bersama seluruh mahasiswa FTMD (sekitar 300 orang). Baru setelah satu tahun kamu bisa pilih apakah mau masuk Teknik Penerbangan, Teknik Mesin, atau Teknik Material. Jadi masa kuliah 4 tahun itu terdiri dari 1 tahun TPB dan 3 tahun di prodi.

Info lain ?
Info tentang penerimaan mahasiswa ITB : http://usm.itb.ac.id/wp/
Info tentang FTMD ITB : http://www.ftmd.itb.ac.id/en/home-2/
Info tentang Teknik Penerbangan ITB : http://www.ftmd.itb.ac.id/en/aeronuatics-astronautics-study-program/
Please kindly visit
Kalau ada pertanyaan boleh tulis di comment, InsyaAllah dijawab :)



Salam,
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment