Ini Ayat Gue Banget


Pernah nggak sih ketika dengar lagu kita merasa, "ini lagu gue banget". Sering malah yaa. Kedekatan dan kelekatan sama lagi itu membuat kita susah lepas. Diulang-ulang terus itu lagu.

Faktanya, stickiness lebih kuat daripada kekuatan nada. Lama-lama kalau satu lagu didengarkan terus kita jadi muak. Tapi kalau baca liriknya tetep aja tergerak untuk merenung..

Kenapa bisa lekat ? Karena kita paham isi lagu itu. Coba dengarkan lagu Thailand atau Vietnam yang bukan hanya bahasa tapi hurufnya saja beda. Kalaupun suka paling cuma sebentar.

Tapi coba bayangkan, bagaimana kalau yang melekat itu ayat-ayat Al-Quran ? Ketika kita tahu artinya pasti kita lebih tersentuh. Lalu kalau nemu ayat yang relatable dibaca berulang-ulang karena "ayat ini gue banget, ayat ini gue banget". Coba salat pakai bahasa Indonesia. Bukan salat beneran, hanya untuk tes seberapa persen kita tahu makna bacaan salat.

Tidak perlu memikirkan tafsir yang terlalu dalam untuk sampai pada tahap rasa ini. Tapi sebagai orang yang masih awam dalam bahasa Arab saya juga belum sampai di sana. Seperti kebaikan lainnya, butuh energi aktivasi untuk memulai. Bagaimana caranya ?

Astaghfirullah..


Chandra
170317
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment