Tersesat di Jalan yang Benar


Sama-sama sumber informasi, apa bedanya buku dan google ?

Google (mesin pencari) melakukan indexing sehingga yang muncul di hasil pencarian sesuai dengan kata kunci yang kita masukkan. Dengan kata lain, google adalah sumber informasi yang menganut konsep on-demand. Apa yang kita cari itu yang kita dapatkan.

Berbeda dengan ketika kita membaca buku. Buku bukan sumber informasi on-demand. Ketika membaca kita akan menemukan informasi-informasi yang sebelumnya tidak kita niatkan untuk kita cari. Seolah kita tersesat di jalan yang benar, tersesat di hutan ilmu.

Baik mesin pencari maupun buku punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Keduanya saling melengkapi. Jadi jangan hanya jago menggunakan internet atau shortcut Ctrl + F, baca juga buku cetak ya :)

Bagaimana dengan blog pribadi ?
Blog pribadi bisa menjadi seperti keduanya. Blog menjadi sumber informasi on demand jika ada informasi tertentu yang memang ingin kita cari di sana. Tapi blog bisa menjadi seperti buku jika kita sengaja blog walking tanpa tujuan spesifik. Saat itulah kita menemukan banyak hal dari tulisan-tulisan yang ada di sana. Knowing every particular object alias KEPO.

Yok membaca :)


Salam,
Chandra


sumber gambar : Pixabay
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment