Gianluigi Buffon : Legend


Dini hari tadi Juventus menang 2-1 atas AS Monaco dalam Leg 2 Semifinal Champions League 2017. Hasil ini meloloskan Juve ke babak final setelah pada Leg 1 mereka menang 2-0. Pada babak final Juve akan bertemu pemenang antara Real Madrid vs Atletico Madrid. Kita lihat nanti malam.

Ini perjalanan Juventus dari babak penyisihan sampai final Champions League 2017 :

Juventus - Sevilla                 [0 - 0]
Juventus - Dinamo Zagreb   [4 - 0]
Juventus - Lyon                    [1 - 0]
Juventus - Lyon                    [1 - 1]
Juventus - Sevilla                 [3 - 1]
Juventus - Dinamo Zagreb   [2 - 0]

Juventus - Porto                    [2 - 0]
Juventus - Porto                    [1 - 0]

Juventus - Barcelona            [3 - 0]
Juventus - Barcelona            [0 - 0]

Juventus - AS Monaco         [2 - 0]
Juventus - AS Monaco         [2 - 1]

*pertandingan Liga Champion sistemnya home-away, jadi main 2 kali, kecuali final.

Lalu ini adalah statistik Juventus yang saya ambil dari website resmi UEFA :

Statistik Juventus sampai babak semifinal Leg 2
Ada yang menarik ? Ya, Juventus baru kemasukan 3 gol sepanjang turnamen! Data UEFA menunjukkan rata-rata mereka mencetak 1.8 gol/pertandingan dan hanya kebobolan 0.2 gol/pertandingan. Luar biasa

Tidak bisa dipungkiri, salah satu aktor utama kesuksesan ini adalah sang kapten sekaligus kiper Gianluigi Buffon. Buffon sudah berusia lebih dari 39 tahun saat ini. Usia dimana kebanyakan altet sepak bola sudah menurun kemampuannya dan memilih pensiun. Tapi tidak dengan Buffon, tua-tua keladi, makin tua makin jadi.

Kiper seangkatannya, Iker Casillas kariernya sudah menurun sejak pergi dari Madrid dan bermain bersama FC Porto. Manuel Neuer (Bayern Munich) dan Jan Oblak (Atl. Madrid) tidak bagus-bagus amat tahun ini. David De Gea (Manchester United) dan Thibaut Courtois (Chelsea) di Inggris juga belum sampai pada level Buffon. Tim-tim seperti Barcelona, Real Madrid, dan Dortmund tidak menggantungkan diri pada sisi penjaga gawang. Sementara itu, rising star Italia, yang pernah saya tulis juga, Gianluigi Donnarumma juga masih perlu belajar banyak untuk menyamai Buffon.

Jadi, bagi saya, Buffon is the best goalkeeper in the world of football right now.

Buffon nyaris tidak punya haters. Mungkin hampir semua fans netral akan mendukung Juventus dan Buffon untuk memenangkan Liga Champions musim ini. Liga Champions adalah satu-satunya gelar besar yang belum dimenangkan Buffon. Even Piala Dunia sudah pernah didapatkan.


Let's see in Final in Cardiff!


Chandra




Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment