Tips : iPad Mati Kemasukan Air, Solusi Cepat



Saya menggunakan iPad 3 sejak tahun lalu. Saya beli bekas dari salah satu teman. Nah, masalahnya adalah baru saja saya di luar kehujanan. Saya tidak begitu masalah karena ada jas hujan, tapi di tas ada buku dan gadget, dan tas tanpa coat. Alhamdulillah HP dan headset aman, tapi iPad ternyata basah pada bagian bawahnya (ada lubang charger dan speaker). Ketika saya coba, ternyata mati total! Panik lah.

Saya tidak tahu, apakah ada fail-safe system di iPad sehingga kalau kena air langsung mati untuk menghindari short circuit (konslet) ?

Saya coba tekan tombol Home tidak ada respon, begitu juga tombol power. Saya sempat berpikir memasukkannya ke dalam beras dulu. Tapi saya rasa kurang efektif jika cairan ada di dalam, bongkarnya susah.

Saya browsing dan salah satunya nemu ini. Solusi pertama dengan beras saya skip. Saya coba solusi kedua, menahan tombol home dan power/sleep bersamaan selama 10 detik. Ini langkah hard reset pada produk macam ini. Baru ingat dulu pernah satu kali melakukan hal yang sama.

Setelah menekan sekitar 10 detik alhamdulillah muncul logo Apple. Mulai lega.



Setelah itu masuk ke lock screen tanpa ada masalah. Karena ada password, saya masukkan password untuk masuk ke homescreen. So far so good.



Masalah kedua, saya baru sadar bahwa speaker juga kena air. Saya coba setel musik, player (in this case : Spotify) berjalan tapi suara tidak keluar. Astaghfirullah. Saya coba switch ringer-silent-ringer-silent tak ada perubahan. Saya coba naik turunkan volume ternyata tidak bisa.

Selanjutnya saya coba matikan lagi iPad, lalu nyalakan lagi. Masuk ke lock screen dan home screen. Saya coba lagi masuk ke Spotify dan putar musik. Alhamdulillah sudah bisa.




Kesimpulan :
Salah satu solusi yang bisa dicoba ketika iPad (mungkin juga iPhone, belum pernah pakai) error adalah melakukan hard reset dengan menekan home button dan power/sleep button bersamaan selama kurang lebih 10 detik. Namun jika masalah diduga karena basah dan kemungkinan sampai ke bagian dalam bisa dicoba dulu untuk merendamnya di dalam beras.

Jika iPad sudah bisa menyala tapi masih ada bug, coba matikan dan nyalakan lagi. Cek fungsi-fungsi dasar seperti speaker, kamera, wifi module, tombol-tombol, dll. Yang lebih penting tetap hati-hati, lindungi gadget jika kehujanan. 


Semoga bermanfaat :)

Salam,
Chandra - sudah nyiapkan draft tulisan "Tentang cinTA", tapi hari ini yang ini dulu lah.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment