UCL Qualifying Round Explained


Liga-liga sepak bola di Eropa sudah berakhir. Ada tim yang keluar jadi juara, ada yang masuk zona Liga Champions, ada yang zona Liga Eropa, juga ada yang masuk zona kualifikasi liga Champions. Zona kualifikasi Liga Champions berada di bawah zona Liga Champions dan di atas Liga Eropa. Liverpool ada di posisi ini.

Ternyata sistem kualifikasi Liga Champions cukup rumit. Dari babak kualifikasi ini akan diambil 10 tim untuk bergabung dengan 22 tim yang sudah lolos langsung. Disini akan saya jelaskan tahap-tahap yang harus dilalui tim-tim di kualifikasi Liga Champions.

Kualifikasi Liga Champions dibagi menjadi beberapa fase. Pada prinsipnya, semakin rendah rating/coefficient sebuat tim dan liga domestiknya semakin banyak pertandingan yang harus dilalui.




First Qualifying Round

Babak ini melibatkan juara dari 10 liga dengan rangking terendah di Eropa (lihat tabel 1). Tim akan diundi pada 19 Juni untuk menentukan pasangan lawan. Akan ada 5 pertandingan dan pemenang dari pertandingan itu lolos ke fase kualifikasi berikutnya. Sistem pertandingannya adalah home-away. Leg 1 digelar pada 27-28 Juni dan leg 2 pada 4-5 Juli.

Tabel 1



Second Qualifying Round

Babak ini melibatkan 5 tim yang lolos dari First Qualifying Round dengan 29 tim lain dengan coefficient tim dan liga yang lebih tinggi (lihat tabel 2). Sehingga total kontestan adalah 34 tim dan akan terjadi 17 pertandingan home-away. Drawing (pengundian) dilakukan pada 19 Juni. Pertandingan leg 1 dan leg 2 masing-masing dilaksanakan pada 11-12 Juli dan 18-19 Juli.

Tabel 2 (bersambung) 

Tabel 2 (selesai)



Third Qualifying Round

Berbeda dengan babak sebelumnya. Tahap ini dibagi menjadi 2 kelompok, jalur Juara dan jalur Liga. Jalur juara diikuti pemenang tahap Second Qualifying Round (17 tim) ditambah 3 tim dari Yunani, Ceko, dan Romania (lihat Tabel 3). Total ada 20 tim yang terlibat dalam 10 pertandingan home-away. Akan ada 10 tim yang lolos melalui jalur ini.

Tabel 3
Jalur Liga diikuti oleh tim-tim dari 10 liga dengan level yang lebih tinggi lagi (lihat Tabel 4). Dari 10 tim ini akan dilakukan 5 pertandingan home-away dan diambil 5 pemenang untuk masuk ke babak selanjutnya.

Drawing akan dilaksanakan pada 14 Juli. Leg 1 dan 2 masing-masing dilaksanakan pada 25-26 Juli dan 1-2 Agustus. Dari babak ini akan diloloskan 10 tim dari jalur Juara dan 5 tim dari jalur Liga

Tabel 4



Play-Off Round

Play-off juga dibagi menjadi 2 jalur, jalur Juara dan jalur Liga. jalur Juara diikuti 10 tim yang lolos dari Jalur Juara babak sebelumnya dan tidak ada tambahan tim. Tim-tim itu bertemu dalam 5 pertandingan home-away dan menghasilkan 5 pemenang. Lima pemenang itu akan masuk ke Liga Champion.

Sementara itu jalur Liga diikuti oleh 5 tim yang lolos dari Jalur Liga babak sebelumnya. Selanjutnya ditambah dengan tim dari liga dengan coefficient lebih tinggi (lihat Tabel 5). Total ada 10 tim yang bertanding dan menghasilkan 5 pemenang.

Tabel 5

Secara total Play-off Round meloloskan 10 tim yang akan bergabung dengan 22 tim yang sudah lolos langsung. Liga Champion diikuti oleh 32 tim dan dimulai pada 12-13 September 2017.


Come on, Liverpool. You'll Never Walk Alone



Chandra



reference : tirto.id , goal.com
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment