Architecture Days Out : Bandung Kota Desain


Hari-hari ini saya kedatangan tamu dari Jogja. Teman SMP-SMA saya yang sekarang kuliah di Arsitektur UGM, namanya Alfian Reza. Saat-saat ada teman berkunjung ini lah saya bisa dengan ringan menarik diri dari kampus dan sedikit rileks hehe. Awalnya dia ke Bandung untuk menghadiri sebuah workshop di ITB tapi karena tiket pulang ke Jogja baru ada hari Sabtu (15/7) jadilah kami jalan-jalan dulu.

Memang dasar ini anak arsi (yang artsy kalau kata teman saya), itinerary-nya beda. Biasanya kalau ada teman ke Bandung tujuan utamanya Lembang dan seisinya (Tangkuban Perahu, Floating Market, D'Ranch, Farmhouse, dll) atau Ciwidey di Bandung selatan. Sedangkan dia datang dengan list spot-spot berarsitektur unik di Bandung.

Bandung memang punya banyak spot-spot dengan arsitektur menarik, apalagi sejak era kepemimpinan Ridwan Kamil. Bahkan oleh UNESCO Bandung sudah ditetapkan sebagai Kota Desain. Dia cerita mau magang dan salah satu tujuannya adalah Bandung. Bandung prioritas kedua sih, kalau bisa mah Singapura katanya...

Tadi seharian kami keliling Bandung berbekal Maps. Perlu Maps karena saya sendiri nggak tahu sebagian tempat-tempat nyentrik itu. Anti mainstream bener yang kami kunjungi hari ini. Saya coba bagi beberapa potretnya

Let's start the journey...



#Pasar Kontemporer Sarijadi

Kemana tujuan pertama kita ? Yak, Pasar! Tapi bukan pasar sembarangan. Pasar ini sangat well-designed. Lokasinya di daerah Sukasari Bandung, dekat Politeknik Pos Indonesia. Pasarnya terdiri dari beberapa lantai. Lantai bawah adalah pasar basah dan sisanya di lantai 2 dan 3. Di lantai paling atas ada food court dan coworking space.

Sayangnya pasarnya masih sepi, pedagang baru ada di lantai bawah













lokasi Pasar Kontemporer Sarijadi : Pasar_Maps




#Microlibrary

Saya sebenarnya cukup sering wira-wiri di Jalan Bima. Termasuk waktu meng-guide tamu dari Belanda juga sempat ke daerah ini. Tapi saya baru tahu kalau ada Microlibrary. Microlibrary adalah sebuah perpustakaan kecil di tengah kampung. Selain perpustakaan ada juga panggung dan lapangan bola anak-anak.

Yang spesial dari Microlibrary Bandung adalah pembuatannya dilakukan dengan me-reuse kotak es krim! Kotak-kotak es krim itu ada yang dilubangi dan ada yang ridak. Tujuannya membentuk pola biner yang kalau dibaca berbunyi : "Buku adalah jendela dunia"









lokasi Microlibrary : Microlibrary_Maps




#Bandung Creative Hub

Ini disebut sebagai karya mutakhir Ridwal Kamil yang dipersembahkan untuk komunitas kreatif dan anak muda aktif Bandung yang banyaknya minta ampun. Desainnya tampak sangat mencolok dibanding sekitarnya. Lokasinya di Jalan Laswi jadi cukup strategis.

Banyak kawan yang bertanya apakah sudah boleh masuk BCH. Kalau masuk boleh-boleh aja, saya sempat naik sampai rooftop tadi. Tapi memang di dalam belum ada kegiatan apapun. Yang bisa dilihat-lihat baru beberapa lukisan dan ornamen hiasan. Beberapa spot lumayan instagramable.








lokasi Bandung Creative Hub : BCH_Maps




#Lawangwangi

Dulu di Jogja sempat diajak teman ke Abhayagiri, ternyata di Bandung banyak spot beginian, salah satunya Lawangwangi. Dari tempat ini kita bisa memandang Kota Bandung dengan leluasa. Kalau datang sore-sore juga bisa menikmati sunsets.

Ini tempat recomended banget untuk ngobrol-ngobrol. Masuk list spot favotir saya di Bandung.







lokasi Lawangwangi : Lawangwangi_Maps



#Roemah Seni Sarasvati

Saya heran ada galeri seni di Jalan Sudirman Bandung. Ini adalah pusat bisnis dengan jalan yang rame dan bising. Dalam bayangan saya ini bukan tempat yang cocok untuk menikmati seni. Kami cuma mampir sebentar di sini jadi nggak banyak yang bisa diceritakan. Jepretan berisi lukisan juga kurang etis kalau dishare di internet. Yang jelas selain galeri seni di sini ada cafe juga kalau mau ngopi.


lokasi Roemah Seni Sarasvati : Sarasvati_Maps



#Banyu Leisure

Ini tempat yang kami kunjungi kemarin sebenarnya. Lokasinya deket banget dengan kampus ITB. Cukup jalan 400 meter dari gerbang depan kampus. Tak saya sangka parkiran dan kebun milik PDAM Bandung yang dulu suram sekarang jadi tempat kece. Khusus ini gambar dari internet, kemarin nggak jepret tempatnya.


lokasi Banyu Leisure : Banyu_Maps



Serius sejauh pengalaman saya jadi guide teman dari Jogja ini yang paling asik. Kabar-kabar ya kalau main ke Bandung


Chandra

Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment