Tentang Menulis


Tepat setahun yang lalu, 1 November 2016, saya curi-curi waktu di tengah kuliah Teori Kendali untuk menyelesaikan order domain dan hosting berbayar di Qwords. Penasaran banget waktu itu untuk segera punya domain web yang keren. Karena belum pernah mengurusi hal macam ini sebelumnya jadi waktu itu agak rumit dan bingung juga menyelesaikan prosesnya. Tapi alhamdulillah  siang itu juga beres, www.nurohmanchandraaa.blogspot.com berubah jadi www.chandranurohman.com.

Saya memulai dengan langganan satu tahun dulu waktu itu. Biayanya sekitar 360 ribu. Yah kalau dirata-rata setiap harinya keluar seribu rupiah untuk mendanai website ini. Worth it untuk sebuah platform yang memberikan saya kesempatan menuliskan banyak hal - dan dibaca secara on-demand. Artinya kawan-kawan pembaca memang berniat masuk ke blog ini, bukan nggak sengaja nemu di timeline, seperti konsep sosial media lain.

Saya harus katakan bahwa pengunjung blog ini masih terbilang sedikit, sekitar 62000 terhitung sejak akhir Januari 2016. Nggak sebanding lah ya dengan blog-blog para influencer yang sudah banyak audience dan beken punya teman dimana-mana. Saya sebaliknya malah sering kali lebih nyaman menyendiri atau berkumpul dengan kawan-kawan dan sahabat dekat saja hehehe.

Saya bersyukur kalau blog ini ada banyak yang baca. Tapi buat saya angka bukanlah segalanya. Karena bagi saya punya kemampuan dan tempat untuk menulis saja sudah nikmat yang luar biasa. Karya adalah investasi, termasuk tulisan. Orang bilang "hati-hati posting di internet, tidak akan benar-benar hilang walau dihapus". Jadi kenapa nggak memposting yang bagus-bagus saja ? Makin lama beredar di dunia maya makin bagus efeknya.

Saya merasa, rutin menulis selama hampir dua tahun ini - walaupun tidak semuanya bermutu - mengasah kemampuan saya untuk menurunkan kata-kata dan merangkainya menjadi kalimat dan paragraf. Ini sering kali membantu ketika saya berada pada kondisi dimana memang diharuskan menulis. Tugas akhir saya bahkan mungkin tidak akan selesai secepat kemarin itu kalau tidak terbiasa menulis sebelumnya. Bahkan beberapa kali saya dimintai tolong teman mereview tulisannya untuk berbagai keperluan, alasannya minta tolong pada saya : "kamu kan terbiasa nulis"

Yang menarik dari blog adalah kita tidak pernah tahu siapa-siapa saja yang membaca tulisan kita. Berbeda dengan media sosial lain, misalnya instagram, orang yang mem-follow kita-lah yang akan melihat konten yang kita upload. Orang tua, anak cucu, teman, atasan, bawahan, jodoh yang kita belum tahu, bahkan orang yang berada di belahan dunia lain bisa membaca.

Sejujurnya saya suka ngepo blog orang, terutama teman-teman saya di kampus, sekolah, bahkan yang baru kenal sekilas. Alasannya karena dari blog saya bisa mendapatkan banyak informasi soal pribadi penulis : latar belakangnya, hobi, buku film musik favorit, dll. Makanya kalau punya kenalan baru saya selalu coba cari apakah dia punya blog dan masih update. Kadang ada yang punya tapi aktifnya tahun 2010-2011an, tulisannya masih sangat alay dan malah bikin ngekek sendiri :D

Karena baru langganan satu tahun, kemarin muncul notifikasi dari Qwords bahwa saya harus segera memperpanjang masa langganan agar domain ini bisa tetep dipakai. Without any doubt saya segera mengurusnya, biayanya tetap sama, sekitar 360rb/tahun. Kata beberapa teman, "lanjutkan lah, sayang kalo enggak", "keep up your post!"

Terima kasih ya untuk semua yang sudah membaca :)
Baik yang membuka blog saya secara sengaja, mengklik link yang saya share di sosmed, atau bahkan mem-bookmark blog ini, u da real MVP...
Juga terima kasih pada google yang membuat tulisan saya soal paspor kilat jadi unggulan SEO dan jadi banyak yang menghubungi saya.
Terima kasih atas semua komentar, pertanyaan, kritik, saran, dll dari kawan-kawan semua.

Enjoy blogwalking!


Chandra - masih belajar menulis



Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment