Belum Bisa Apa Apa



Elemen terbesar pada diri kita adalah ketidaktahuan. Kalau kita menyingkirkan ketidaktahuan, kita akan jadi merasa tahu segalanya.

Kita bisa membuat terang menjadi lebih terang, dengan menambahkan cahaya. Tapi kita tidak bisa membuat gelap menjadi lebih gelap. Yang membedakan gelap dan terang hanyalah ada tidaknya cahaya.

Kita bisa membuat panas menjadi lebih panas, dengan memasukkan kalor. Tapi kita tidak bisa mendinginkan 'dingin'. Yang kita lakukan adalah semata-mata memasukkan atau mengeluarkan kalor.

***

Skills & Endorsement LinkedIn, tempatnya seseorang mencantumkan hal-hal yang telah dia kuasai atau telah dididikkan padanya sambil berharap banyak orang mengakuinya (mengendorse). Lebih tepatnya, itu adalah hal-hal yang dia 'rasa' telah ia kuasai.

Terlalu lama dimanjakan dengan sistem sekolah, aku sempat merasa tahu segalanya. Mendapatkan pelajaran C++ sangat dasar di semester satu dan langsung aku masukkan sebagai skill yang aku kuasai. Hanya sedikit menggunakan Unity3D untuk tugas akhir dan merasa sudah bisa membuat apapun dengan itu. Baru mengenal Vortex Editor dan sudah memasukkannya di sana.

Setelah lepas dari dunia sekolah dan belajar di 'alam liar' engineering, aku sadar bahwa aku bukan siapa-siapa. Masih banyak hal yang aku belum tahu apalagi bisa. Aku masukkan kembali elemen ketidaktahuan dalam cara berpikirku sehingga aku lebih ikhlas untuk belajar hal-hal baru.

Kalau kamu juga begitu, jangan khawatir, kamu tidak sendiri, dan yang kau harus tahu adalah itu tidak salah. Hampir semua orang mengalami bias itu, dalam banyak bidang. Bias yang disebut Dunning-Kruger Effect


Sekarang aku justru bersyukur telah menyadari kealpaan ini. Karena walaupun berada pada titik yang rendah, barangkali itu adalah jalan menuju penguasaan yang sejati, bukan ketidaktahuan yang ditutupi.

Skills, kuputuskan untuk menghapus sebagian besarnya, menyisakan yang memang sudah mendapat apresiasi. Sisanya nanti kutambahkan kalau sudah cukup umur, mau belajar dulu.


Salam,
Chandra

Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment